Lukisan Panorama Alam di Bukit Kayangan Jambi

Jum'at, 05 Desember 2014 - 11:16 WIB
Lukisan Panorama Alam...
Lukisan Panorama Alam di Bukit Kayangan Jambi
A A A
JAMBI - Bukit Kayangan, mendengar namanya saja pasti fantasi anda sudah sampai kemana-mana, tempat yang jauh dari bumi, atau mungkin tempat yang sangat tinggi sampai menembus awan. Kalau benar seperti itu, pasti tidak akan mudah untuk datang ke sana, Jadi pertanyaannya tempat seperti apakah Bukit Kayangan itu?

Lokasi dari bukit kayangan ini memang agak jauh dari pusat kota Jambi, jaraknya sekitar 500 kilometer, atau kurang lebih sekitar 10 jam perjalanan jika anda menempuh perjalanan darat. Untuk menuju ke lokasi bukit kayangan ini, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sendiri.

Sedangkan, untuk angkutan umum pengunjung bisa menggunakan travel. Ini disebabkan, karena tidak adanya kendaraan umum yang ada di kota Jambi untuk menuju ke lokasi bukit kayangan ini.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, harus bersiap-siap untuk menempuh perjalanan yang sangat panjang dan juga mungkin membosankan bagi yang kurang menyukai perjalanan darat. Karena jika memulai perjalanan dari kota Jambi, Anda harus menempuh waktu perjalanan kurang lebih sekitar 10 jam.

Perjalanan dimulai dari kota Jambi menuju ke Sungai Penuh, Anda akan melalui daerah Sarolangun, lalu akan melintasi daerah Bangko, nah pada saat Anda melintasi daerah Bangko ini jalur atau jalan yang dilalui sangat berkelok-kelok, di sini disarankan agar anda membawa obat anti mual atau masuk angin bagi Anda yang mudah mabuk dalam perjalanan panjang. Setelah Anda melewati daerah Bangko, anda akan sampai di daerah Sungai Penuh.

Setelah sampai di daerah Sungai Penuh, Anda bisa langsung menuju ke lokasi Bukit Kayangan. Berada di gugusan Gunung Raya, disepanjang perjalanan menuju ke Bukit Kayangan ini, menawarkan keindahan panorama khas pegunungan.

Jalan berkelok-kelok yang menanjak menyusuri tebing di lereng bukit. Getaran adrenalin pun sedikit muncul ketika melongok jurang dalam di seberang tebing. Terlihat pohon-pohon kayu manis berdaun hijau kemerahan yang akan menebarkan aroma khasnya.

Ketika di tengah-tengah perjalanan Anda menemukan portal, tidak perlu khawatir, karena portal itu dipasang sebagai penanda telah memasuki area perbukitan yang lebih tinggi. Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp3.000 per orangnya. Sedangkan untuk kendaraan dikenakan biaya Rp4.000 untuk motor dan Rp .000 untuk kendaraan roda empat atau mobil.

Setelah melewati jalan yang berkelok-kelok yang berbentuk huruf “S” sebuah tanjakan curam akan Anda temui hawa dingin akan dirasakan. Ketika telah sampai di atas Bukit, dapat dipastikan mata Anda tidak akan berpaling melihat hamparan sawah hijau yang mengelilingi kota Sungai Penuh ini. Sedangkan di sisi lain Danau Kerinci juga telah menggoda mata anda untuk tidak berpaling darinya.

Tetapi jika anda menggunakan travel, ongkos yang anda keluarkan adalah sekitar Rp 100.000. anda bisa mengambil travel yang menuju kerinci. Sebaiknya Anda tanya pada pol travel tersebut, apakah kendaraannya bisa mengantar anda langsung ke Bukit Kayangan, karena ada beberapa travel yang tidak mengantarkan anda langsung ke tempat.

Untuk penginapan Anda tak perlu khawatir. Ada banyak penginapan atau hotel yang disediakan di kota Sungai Penuh jika anda ingin bermalam. Bagi anda yang suka camping, anda bisa mendirikan tenda di bukit ini.

Tempat yang disebut dengan nama Bukit Kayangan ini adalah salah satu objek wisata andalan masyarakat Provinsi Jambi.

Bagaimana tidak, Bukit Kayangan ini menyimpan beragam pemandangan yang tidak bisa lukiskan dengan kata-kata, barisan Gunung kerinci yang megah, Danau Kerinci yang indah, serta hamparan sawah yang seolah-olah menyelimuti tanah di kawasan Provinsi Jambi.

Anda bisa menyaksikan semua pemandangan itu sekaligus, bayangkan betapa indahnya panorama yang bisa didapatkan di Bukit Kayangan ini, apalagi didukung dengan udaranya yang sejuk dan segar, serta angin yang berhembus mampu menghipnotis pengunjung untuk tidak ingin pulang.

Bukit Kayangan ini berada di kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi, Bukit Kayangan ini terletak di Barisan Gunung Raya yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), sekitaran desa Bina Karya. Dengan tinggi sekitar 2.000 meter dari atas permukaan laut (dpl), Tempat wisata Bukit Kayangan ini memiliki suhu 20 derajat celcius pada siang hari, tentu sejuk bukan, tidak terlalu panas seperti di kota-kota besar di Indonesia ini.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Bukit Kayangan ini tidak perlu khawatir untuk memikirkan tempat yang tepat atau mencari spot-spot untuk mendapatkan view yang baik, kenapa? Karena di sini telah disediakan beberapa pondok yang lumayan besar pada spot-spot tertentu, juga ada tempat parkirnya bagi anda yang membawa motor atau mobil.

Jika anda sangat menyukai seni fotografer, Bukit Kayangan ini Anda bisa mendapatkan gambar yang bagus, apalagi jika anda mengambil gambar saat matahri terbit atau pun terbenam langit yang berwarna jingga akan membuat foto anda terlihat menakjubkan. Lokasi ini juga sering di gunakan untuk camping (berkemah), bukankah menarik jika bisa tidur di bawah pemandangan bintang yang bertaburan di langit.

Untuk berwisata ke Bukit Kayangan, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini :
- Sebelum berangkat ada baiknya memilih pakaian yang agak panjang, agar saat sampai di Bukit Kayangan ini Anda tidak merasa kedinginan, karena hembusan angin dan suhu tempat itu yang memang dingin.

- Ada baiknya jika datang menggunakan kendaraan sendiri, jadi jika berlama-lama disana anda tidak perlu terburu-buru dan takut ketinggalan angkutan untuk pulang mengingat susahnya mencari angkutan di tempat ini.

- Bawalah makanan sendiri dari luar, karena di atas bukit kayangan ini tidak ada pedagang yang menjajakan makanan seperti di tempat-tempat wisata lainnya.

- Bawalah kantung sampah sendiri, jangan mengotori tempat yang indah ini dengan sampah makanan yang Anda bawa dari luar.

Penasaran dengan panorama alamnya? Anda pasti tidak akan menyesal menghabiskan waktu liburan anda di Bukit Kayangan ini. Tempat ini sangat direkomendasikan untuk melepas penat dan menyegarkan pikiran Anda. Jadi tunggu apa lagi? Saatnya menikmati panorama alam Sumatera yang sangat menyegarkan pandangan.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0724 seconds (0.1#10.140)